Cari Berita

Rabu, Juli 14, 2010

Menyambut Datangnya Bulan Puasa (Ramadhan)

Mungkin Kita Khususnya orang Jawa pasti mengenal istilah Nyadran, Nyadran berasal dari kata Sraddha yang berarti mengunjungi makam leluhur untuk membersihkan makam dan menabur bunga atau Nyekar. Kegiatan tersebut bukan ritual keagamaan (Islam), tetapi tradisi dalam kebudayaan Jawa. Sejarawan dari Belanda Zoetmulder dalam bukunya berjudul Kalangwan menjelaskan, awal mula upacara Sraddha (Nyadran) ditujukan untuk mengenang wafatnya Tribhuwana Tungga Dewi pada zaman Majapahit. Kegiatan yang dilaksanakan setahun sekali tersebut dilestarikan secara turun-temurun.

Dalam perkembangannya upacara Sraddha tidak hanya untuk mengenang wafatnya Tribhuwana Tungga Dewi saja, tetapi masyakat memanfaatkan waktu tersebut untuk mengirim doa bagi arwah para leluhurnya. Setelah agama Islam masuk ke Tanah Jawa, terjadi akulturasi budaya Jawa dan Islam yang masih dapat kita saksikan hingga sekarang. Akulturasi budaya tersebut menjadi saksi abadi strategi jitu para sunan ‘Wali songo’ terutama Sunan Kalijaga dalam menyebarkan agama Islam ke tengah-tengah masyarakat yang sudah memeluk suatu ajaran tanpa melalui pemaksaan kehendak, apalagi pertumpahan darah.

Sunan Kalijaga yang terkenal sakti mandra guna tetap memilih cara damai untuk menyebarkan ajaran agama Islam. Strateginya menunjukkan kedalaman berfikirnya dan kematangan ilmunya yang sangat luar biasa. Agar masyarakat yang sudah lama memeluk salah satu agama tersebut dapat menerima ajaran agama Islam secara sukarela, Sunan Kalijaga memasukkan ajaran Islam melalui upacara-upacara ritual yang dilaksanakan masyarakat, termasuk upacara Sraddha.

Sunan Kalijaga mengemas upacara Sraddha (Nyadran) dalam nuansa islami yang dijatuhkan setiap bulan Ruwah sebelum bulan Puasa. Kegiatan Nyadran bukan lagi untuk mengenang wafatnya Tribhuwana Tungga Dewi, tetapi lebih bersifat acara silaturahmi yang diisi kegiatan bersih-bersih makam, kenduri dengan doa-doa islami dan tausyiah.

Sesaji dalam kenduri merupakan bahasa symbol. Ketan, kolak, dan apem yang menjadi makanan khas saat Nyadran memiliki makna khusus. Ketan merupakan lambang kesalahan (khotan), kolak adalah lambang kebenaran (kolado), dan apem (afwam) sebagai simbol permintaan maaf (ngapura). Bagi masyarakat Jawa yang tinggal di Yogyakarta dan sekitarnya, makanan ketan, kolak, dan apem memang selalu hadir dalam setiap upacara/slametan yang terkait.

Untuk upacara tabur bunga (nyekar) di batu nisan para leluhur, murni kegiatan masyarakat yang masih terpengaruh ritus agama lamanya. Hal tersebut kala itu memang masih dibiarkan oleh Sunan Kalijaga, termasuk kenduri, karena jika dilarang, jelas akan menimbulkan gejolak yang bisa berakhir dengan penolakan ajaran agama Islam.

Kemasan islami pada tradisi Nyadran pada bulan Ruwah dan tradisi padusan pada akhir bulan Ruwah, sehari menjelang bulan Puasa sebenarnya punya tujuan khusus, menyiapkan fisik dan mental masyarakat guna menghadapi jihad akbar selama bulan Ramadhan.

Nyadran yang berkaitan erat dengan arwah, untuk mengingatkan bahwa setiap manusia pasti akan mati sebagaimana para leluhurnya. Karena itu masyarakat harus mencari bekal sebanyak-banyaknya untuk menghadap Allah dengan melaksanakan ajaran agama Islam sebagaimana sabda Rasulullah, beribadah lah sebaik mungkin seolah engkau akan mati esok hari. Dan, bulan Puasa merupakan kesempatan emas mengumpulkan bekal dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Masyarakat semakin dimantabkan persiapan lahir batinnya dengan kemasan tradisi Padusan. Tradisi ini ada benang merahnya dengan kebiasaan orang Jawa ketika akan melakukan laku prihatin, yakni adus banyu suci perwita sari, sekaligus mengikrarkan niatnya untuk menjalankan laku prihatin yang ditandai dengan membuang semua kotoran yang melekat di jiwa dan raga (mandi besar). Dalam konteks budaya Jawa, ibadah puasa selama bulan Ramadhan termasuk laku prihatin sehingga harus ada ikrar yang ditandai dengan laku adus banyu suci perwitasari.

Padusan sebagai bukti telah berazam (berkendak) untuk menjalankan ibadah puasa sepenuh hati. Tekadnya sudah bulat untuk menjalankan perintah Alloh SWT, jihad akbar.? Dalam titik ini, kaum muslimin dan muslimat sudah dalam posisi puncak siap berjuang sampai mati sekalipun dalam menghadapi nafsu perutnya, nafsu birahinya dan nafsu-nafsu duniawiah lainnya yang selalu membutakan hati. Semoga ini bisa menjadi pemahaman bagi kita semua khususnya umat Islam tentang arti dan makna Nyadran yg selama ini kita lakukan.

Mari kita bersama-sama menjalankan ibadah puasa di bulan penuh hikmah, penuh berkah, rahmat dan ampunan ini dengan meluruskan niat Lillahita’ala agar kita bisa menjadi golongan hamba Alloh SWT yang bertakwa...

Alloh SWT Yang Maha Mengetahui tidak hanya sekedar memerintah, namun juga memberi banyak kemewahan bagi umat-Nya yang ikhlas memenuhi perintah-Nya hingga harus menahan derita karena desakan-desakan nafsu angkara murkanya. Kemewahan tersebut diantaranya, pahala orang berpuasa akan diterima langsung oleh Allloh SWT, setiap kebaikan dari umat-Nya akan dilipatgandakan balasannya dan bonus maha menggiurkan berupa malam lailatul qodar yang hanya akan diberikan kepada umat-Nya yang dapat menjalankan ibadah puasa sebagaimana yang diinginkan-Nya.

Karena itu sungguh keliru bila ada orang berpuasa tetapi marah, benci atau berbuat buruk kepada orang yang tidak berpuasa walaupun hanya dalam hati. Sungguh tersesat bila ada yang berpuasa memaksakan kehendaknya agar orang lain juga harus berpuasa, atau memaksakan kehendak agar orang lain menghormati orang yang berpuasa, apalagi sampai melakukan perbuatan anarki, pengrusakan dan penganiayaan.

Dalam surat Al Baqarah ayat 183 sangat tegas Alloh SWT hanya mewajibkan menjalankan ibadah puasa bagi pengikut Rasulullah Muhammad SAW yang beriman saja (almu’minun). Hamba Allah yang beriman sudah memilih untuk melawan arus kelaziman demi Allahurobbul’alamin. Lapar seharusnya makan, haus seharusnya minum, dihina seharusnya marah, dipukul seharusnya membalas… tetapi yang seharusnya…seharusnya... tersebut ditinggalkan semua demi Alloh SWT.

Maka bagi yang menjalankan ibadah puasa tulus iklas Lillahita’ala jelas tidak mungkin minta untuk dihormati selama manjalankan ibadah puasa, justru sebaliknya merasa kasihan melihat orang yang tidak berpuasa karena telah menyia-nyiakan kesempatan yang sangat istimewa ini.

Tidak ada komentar: